Senin, 19 Desember 2011

Sekilas tentang Steve Vai


Steve vai adalah salah satu dewa gitar yang sangat disegani karena permainannya. Namanya disejajarkan dengan gitaris legenda seperti Joe Satriani, Yngwie Malmsteen, E Van Halen, dan legenda gitar lainnya. Permainannya juga nggak terbatas pada teknik gitar yang terdapat dalam buku gitar. Steve membuat gaya permainan tersendiri yang sepintas terdengar aneh tapi sangat sulit untuk ditiru.

Permainannya dipengaruhi oleh gurunya sendiri, yaitu Joe Satriani. Mereka menciptakan trend baru dalam dunia gitar. Menggunakan musik bergaya modern, kualitas sound yang sangar dan modern, dengan sentuhan khas masing-masing membuat mereka menjadi gitaris masa kini.

Aku mendengarkan alunan nada yang sangat berbeda dari gitaris lain. Itu yang sangat kuidolakan dari Steve Vai. Juga setiap manggung, Steve dapat menghidupkan suasana dengan suara gitar yang seperti sedang menyanyi karena memainkan nada tunggal yang megah dan gerakan badan seperti seorang penari.

Banyak orang yang mengkritik Steve karena bagian sound yang agak egois. Maksudnya band bermain hanya sebagai tambahan, Steve mendapat porsi yang sangat besar untuk menunjukkan skill nya. 
Menurutkan itu wajar saja karena Steve memang bisa mengeluarkan kemampuannya dengan cara seperti itu, yaitu mengutamakan kemampuan individunya.

Terlepas dari kritik tersebut, Steve Vai memang gitaris yang memiliki segalanya, memiliki skill luar biasa, karya yang dahsyat dan aksi panggung yang memukau sehingga membuat penonton selalu berdecak kagum melihat penampilannya.

Steve menggunakan gitar untuk menyampaikan pesan yang menyentuh bagi setiap pendengar yang menikmati lagu-lagunya. Aku dapat merasakan itu lewat lagu-lagu Steve. Misalnya lagu Whispering a Prayer, melalui nada-nada lembut dan mellow mampu menyampaikan pesan seorang pendoa kepada pendengarnya.  Lagu Liberty memberi pesan perdamaian dan kebebasan yang dapat kurasakan lewat alunan musiknya.

Variasi nada yang diciptakan Steve Vai sangat mengagumkan. dari senar gitarnya seolah bisa meraung-raung, melengking, menjerit, merintih, bahkan bisa “bercerita” mengikuti nada vokal dari suara manusia.

Itu lah gambaran sepintas dari ku tentang Steve Vai. Masih banyak kesan yang ingin kutuliskan tentang idola ku ini yang pasti akan ku tuliskan di posting berikutnya.

Oh ya, ini website resmi dari Steve Vai, silahkan kunjungi http://www.vai.com/




0 komentar:

Posting Komentar